Saturday, February 08, 2014

MEMULAI HARI (SEBUAH TRADISI)

Sahabat,

Diantara sekian banyak petuah orang-orang sukses yang pernah saya baca, salah satu yang cukup jamak dikalangan mereka adalah memulai hari dengan hati, pikiran dan sikap positif. Ini bukan sekedar teori, tetapi merupakan implementasi praktis secara turun temurun dari mereka yang saat ini kita kenal sebagai orang-orang hebat. Para ahli psikologi dan hypnotheraphi bahkan melakukan percobaan-percobaan untuk menguji kebenaran pendapat ini. Saya punya salah satu film produksi BBC yang menunjukkan bagaimana perbedaan sikap sepasang saudara kembar yang mendapatkan sugesti berbeda di awal hari ternyata mempengaruhi sikap dan pilihan-pilihan mereka sepanjang hari tersebut…

Baru saya sadari, ternyata tradisi seperti ini (memulai hari dengan positif) bukanlah hal baru dalam kehidupan sebagian besar kita orang Indonesia, hem.. setidaknya bukan hal baru bagi saya. Saya masih ingat betul, dulu almarhumah Ibu saya setiap pagi selepas memunaikan shalat Subuh memulai harinya dengan membuka pintu rumah bagian depan selebar-lebarnya sambil merapal mantra-mantra tertentu. Ketika saya tanya kenapa? Jawab beliau, “Supaya rezki kita bisa masuk ke rumah ini sebanyak-banyaknya, Nak!”. Luar biasa, sebuah sikap dan keyakinan yang sangat positif. Dan tradisi ini terus beliau lakukan hingga kanker darah merenggut nyawa beliau saat saya masih kuliah…

Bukan hanya itu, dulu di kampung saya para tetua-tetua kampung juga sering memberikan petuah bijak kepada anak-anak muda, terutama yang ingin sekolah di kota atau hendak merantau. Salah satu yang populer adalah merekayasa suasana hati ketika mata baru saja terbuka selepas tidur. Kata mereka, jangan buru-buru langsung bangun. Tapi mulailah dengan “mengingat”. Mengingat Sumber Segala Kekuatan yang akan dipakai hari itu. Ubah posisi badan sebelum bangun dengan menghadap ke kanan. Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan melalui hidung. Dan beberapa ritual yang lain. Tapi menurut saya, inti petuah ini adalah memualai hari dengan optimisme, rasa syukur dan kesadaran akan Kekuatan berlimpah dari pemilih dan perencana segala sesuatu, Allah SWT…

Sahabat,

Tentu saja mereka yang memiliki tradisi positif memulai hari seperti yang saya ceritakan diatas itu tak pernah membaca buku-buku Dale Carnagie, atau menyaksikan penampilan Anthonny Robbins, atau mengikuti sesi Andrie Wongso. Hehe.. bahkan mungkin mereka yang saya sebutkan namanya barusan ini pada saat itu juga sedang berjuang menuju tangga sukses. Tetapi kebijaksanaan (wisdom) lahir dalam tradisi setiap generasi yang tidak mesti kita buang semuanya. Mungkin tak perlu kita ikuti rapalan mantra-mantranya, atau berbagai posisi badan saat bangun pagi, tetapi bagaimana substansi pikiran dan sikap positif setiap memlaui hari menjadi tradisi kita juga, bila ingin sukses… hehehe…

Dan itu baru pengalaman Saya. Pengalaman Anda tentu lebih banyak lagi. Ceritakanlah dan berbagai kepada sesama… Success Is My Right! – Andrie Wongso

0 comments:

Post a Comment